Wajib Tahu! Perbedaan Motor Full Fairing dan Motor Naked

Published on 6th Feb 2019

Bagi para pria, membicarakan tentang motor, apalagi yang tipe sport memang nyaris tidak ada habisnya. Selain menjadi topik diskusi favorit, dunia motor sport sendiri selalu mengeluarkan terobosan yang patut untuk dikulik baik dari segi performa, maupun tampilannya yang macho. Jenis-jenis motor sport pun, juga harus Bro ketahui secara lebih dekat. Betul, motor sport jenis full fairing dan naked, memiliki perbedaan dan masing-masing kelebihan tersendiri. Coba lihat ulasannya di bawah ini, yuk Bro!

 

Desain Tampilan

 

Perbedaan motor full fairing dan naked sudah pasti bisa dilihat dari desain tampilan bodi nya. Jika kita melihat motor full fairing, tentu akan mendapatkan kesan sporty dan macho, persis seperti motor-motor yang digunakan oleh pembalap MotoGP. Namun, bukan hanya memenuhi estetika tampilan, namun desain tersebut memang ada hubungannya dengan fungsi masing-masing jenis motor sport. Para pengendara motor sport full fairing tentu tahu betul jika posisi pengendara agak tidak nyaman dikala macet, karena mengharuskan mereka untuk lebih menunduk karena posisi stang yang rendah. Namun Bro, posisi tersebut sebetulnya benefisial jika pengendara memang membutuhkan kecepatan lebih saat memacu kendaraan. Saat mengebut, pastinya badan pengendara akan berhadapan dengan arahnya angin. Maka dari itu, posisi pengendara motor sport full fairing yang lebih menunduk, akan lebih bersifat aerodinamis dan membantu saat kendaraan melaju dalam kecepatan tinggi. Untuk jenis motor sport naked, beberapa elemen atau atribut yang dimiliki motor sport full fairing, memang absen, sehingga motor sport naked terlihat lebih ringan, dan desainnya memang macet-friendly karena tidak mengharuskan pengendara lebih menunduk. Makanya motor sport naked lebih cocok untuk menempuh perjalanan yang jauh.

 

Performa Motor

 

Meski sama-sama motor sport, jenis full fairing dan naked dibekali dengan kemampuan serta performa yang berbeda-beda. Untuk motor sport full fairing, memang biasanya memiliki kapasitas mesin lebih unggul jika dibandingkan dengan motor sport naked, atau bisa mencapai 150 CC. Sedangkan untuk kapasitas mesin motor sport naked, biasanya lebih rendah. Namun, motor sport naked lebih unggul dalam tarikannya atau momen torsi yang dihasilkan. Sedangkan untuk motor sport full fairing, lebih hebat dalam tenaga maksimum yang dihasilkan. Makanya untuk Bro yang ingin memiliki motor sport yang melengkapi kegiatan sehari-hari, baiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan lintasan yang akan dilalui. Jika memang Bro lebih banyak melalui daerah yang seringkali macet, memilih motor sport naked mungkin menjadi pilihan yang lebih tepat mengingat performa mesinnya unggul dalam menghasilkan torsi. Nah, Bro bisa cek deh di sini untuk berbagai produk motor sport full fairing dan naked. Misalkan saja nih, Bro kalau mau yang bisa dibawa santai tapi masih unggul di kecepatan, CB 150 Street Fire dengan kapasitas 150 CC bisa jadi pilihan karena masih tetap nyaman namun bertenaga. Namun, untuk para pecinta dunia racing, motor sport full fairing CBR 150 R bisa jadi apa yang Bro butuhkan. Namun jangan salah, CBR 150R enggak hanya unggul kecepatannya, namun juga punya kenyamanan bagi pengendara maupun penumpangnya.

 

Penggunaan Bahan Bakar

 

Memang sih, penggunaan bahan bakar balik lagi kepada pemakaian. Namun, untuk pilihan kapasitas mesin juga tidak kalah penting. Motor sport full fairing disebut-sebut memang lebih unggul Bro dalam kecepatannya, oleh karena itu tidak heran jika pemakaian bahan bakar motor sport full fairing memang lebih banyak ketimbang motor sport naked. Apalagi jika Bro memilih motor sport full fairing dengan kapasitas mesin hingga 1000CC. Siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam kalau sedang mengisi ulang bahan bakar ya, Bro! Usahakan untuk perhatikan juga kebutuhan kendaraan bermotormu.

 

Ergonomis VS Aerodinamis

 

Apakah Bro tahu perbedaan diantara keduanya? Ergonomis sendiri artinya adalah saat dimana manusia bersinggungan ataupun berinteraksi dengan elemen lain. Untuk sisi ergonomis yang dimaksudkan disini, adalah lebih kepada segi kenyamanan, mulai dari kenyamanan berkendara, hingga kenyamanan penumpang. Berhubungan sekali dengan desain dari kendaraan sendiri, Bro. Jika motor sport full fairing memiliki desain yang mirip sekali dengan kendaraan yang digunakan para pembalap MotoGP, tentu kenyamanannya masih kalah saing dengan motor sport naked yang memiliki desain tempat duduk lebih tegap dan mendukung durasi berkendara yang lebih lama. Sedangkan untuk aerodinamis, berhubungan dengan momen atau cara untuk meminimalisir adanya efek dari bergeraknya udara. Untuk aerodinamis, motor sport full fairing mendukung banget, nih Bro makanya cocok untuk kamu yang suka dengan dunia balap dan suka memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

 

Sekarang jadi lebih tahu kan, Bro apa nih perbedaan antara motor sport full fairing dengan motor sport naked? Biar enggak terlalu lama memutuskan, bisa dicocokkan dengan kebutuhan berkendaramu dan masing-masing spesifikasi jenis motor sport agar bisa mengakomodir kegiatan dan ketertarikanmu!

 

Sumber:

http://bit.ly/2VO9ikJ
http://bit.ly/2McLzGI

Share :

TAGS

News

Safety Riding

Press Release

Service Motor Keliling (SeMoK)

Promo

TIPS OTOMOTIF

RIDERS COUPLE

ROMANTIS

HUJAN

TRENDS

Covid-19

Corona

AHASS

Booking Service

Spare Part

Suku Cadang

Busi

Honda Genuine Parts

Servis Motor

Service

Riding Gear

Helm

Masker

Sepeda Motor

Honda CT 125

Dealer Motor

Desinfektan

Protokol Kesehatan

starter motor

tips otomotif

NEW HONDA CBR150R

Wahana Mobile

PCX 160

Moto Vlog

Pajak

Kendaraan Bermotor

SAMSAT

Bayar Pajak

Pajak Online

Pajak Kendaraan Bermotor

PKB

Liburan

Berlibur

Touring

Komunitas

Komunitas Honda

Wisata

Lifestyle

Mudik

Lebaran

Hari Raya

Idul Fitri

Syarat dan Ketentuan

Larangan Mudik

Perjalanan

Honda CB150R

ramah lingkungan

Lingkungan

eSP

PGM-FI

Fitur ISS

otogard

Cat motor

Coating

detailing

SIM

Golongan SIM

Surat Izin Mengemudi

Penggolongan SIM

SIM C

SIM CI

SIM CII

Oli

Ganti Oli

SAE

JASO

API

New Honda Vario 125

Vario 125

New Honda BeAT

Honda BeAT

BeAT Street

Super Cub

C125

Honda Monkey

Honda Super Cub

Honda C125

CB150 Verza

Honda CB150 Verza

Motor sport

Astra Honda Motor (AHM)

CB150 Verza 2021

Honda 2021

Posisi berkendara

berkendara

Cari Aman

Honda Apparel

Jaket

Home Service

Motor Mogok

AHASS Wahana

Irit BBM

Tips Berkendara

CBS

CBS ISS

Honda BeAT CBS ISS

Tipe Honda BeAT

Smart Key System

Smart Key

PGM-FI

Uji Emisi

Uji Emisi Motor

Gunung Sahari

CB150X

All New CB150X

KPB

Service Berkala

Service Gratis

RON

Oktan

BBM

Bahan Bakar

Honda Scoopy

New Scoopy

New Honda Scoopy

Scoopy Fashion

Adventure

Touring

V-belt

Teknik Jatuh

Eco Friendly

Dealer Wahana

Dealer Wahana

2022

Kantong Plastik

Recycle

Honda 2022

AHM Oil

Botol Plastik

Engine Break

Helm

Accessories Honda

Honda Genuine Accessories

Engine Brake

Apparel

Motor Baru Honda

Wahana Ritelindo

Honda Vario 160

All New Honda Vario 160

Motor Honda Terbaru

Hari Pers Nasional

Revo

Revo Fit

Revo X

New Honda Genio

Honda Genio

Genio 2022

Supra X

recycle

Harga Motor Honda

ADV160

Gift of Love

Ban Motor

New CBR250RR

Fitur Motor Honda

Honda 2023

Honda CRF250L

Oil System Cleaner

Cari Aman

Hondacare

Modifikasi Motor Honda

Suspensi

MotoGP